Sweeping di Pelabuhan Efektif Tingkatkan Persentase Capaian Vaksinasi Covid-19

168
Sweeping di Pelabuhan Efektif Tingkatkan Persentase Capaian Vaksinasi Covid-19. Fo

 

RAHA- Langkah Pemerintah Kabupaten Muna melakukan sweeping kartu vaksin Covid-19 dan membuka posko layanan vaksinasi di sejumlah pelabuhan penyebrangan di wilayah Kabupaten Muna ternyata tak sia-sia.

Keberadaan posko vaksinasi Covid-19 ini ternyata cukup efektif untuk meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam program nasional Vaksinasi Covid-19.

Pelaksana harian Satgas Covid-19 Kabupaten Muna, Dahlan Kalega mengungkapkan, sejak posko vaksinasi Covid-19 dibuka tanggal 20 November, tercatat sudah 180 orang yang divaksin, baik penumpang kapal maupun masyarakat yang secara sadar mendatangi posko untuk divaksin.

“Baru dua hari, sudah ada 180 lebih yang divaksin. Intik hari ini (Senin_red) akan direkap sebentar malam,” ucap Dahlan Kalega, Senin (22/11/2021)

Dahlan menyebutkan, kegiatan sweeping dan posko vaksinasi Covid-19 ditempatkan di empat lokasi oenyebrangan, yakni Pelabuhan Nusantara Raha, Pelabuhan Feri Lagasa, Pelabuhan Rakyat Laino dan Pelabuhan Feri Tampo.

“Di posko sudah ada petugas medis yang siap melakukan screening dan melakukan penyuntikan vaksin,”sebut Plt Kepala BPBD Muna ini.

Lanjutnya, kegiatan sweeping ini melibatkan pihak-pihak terkait, seperti TNI, Polri, Dinas Kesehatan, RSUD Muna, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Perhubungan dan Syahbandar.

“Satgas yang turun adalah satgas terpadu dari unsur TNI, Polri, BPBD, Perhubungan dan Syahbandar,” sebutnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Muna ini menegaskan, seluruh penumpang yang akan menggunakan sarana transportasi kapal laut wajib memperlihatkan kartu vaksin.

“Yang tidak bisa menunjukkan kartu vaksinnya tak dibolehkan menaiki kapal. Program vaksinasi ini adalah instruksi Presiden,” tegasnya.

Kegiatan sweeping vaksinasi Covid-19 ini akan diselenggarakan hingga akhir Desember 2021 mendatang.

“Kegiatan kami ini akan berlangsung hingga Desember dengan capaian target 80 persen,” sebutnya. (sra/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.