DPRD Konsel Bantu Pemetaan Lahan Warga yang Diduga Bersentuhan HGU PT KIC

49
Kunjungan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo S.Sos M.Si bersama Ketua Komisi I DPRD Konsel, Nadira SH dan Anggota DPRD Konsel dari Dapil III di Kecamatan Baito. Foto: IST.

 

ANDOOLO – Menindaklanjuti dugaan persengketaan lahan antara warga Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan pihak perusahaan PT Kilau Indah Cemerlang (KIC), DPRD Konsel turun langsung kelokasi untuk melakukan pemetaan lahan yang dipersengketakan.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo S.Sos dan Ketua Komisi I DPRD Konsel, Nadira SH bersama anggota DPRD Konsel dari daerah pemilihan (dapil) III.

Kunjungan rombongan senator Konsel ini didampingi Camat Baito, Kepal Desa Baito dan Kepala Desa Sambahule.

Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengatakan kunjungan kerja DPRD Konsel ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) masyarakat Kecamatan Baito di DPRD Konsel menyangkut klaim lahan antara masyarakat dan ijin lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT KIC di Kecamatan Baito.

“Pekan lalu ada RDP antara masyarakat Baito dan PT KIC maka kami melaksanakan kunjungan kerja lapangan di Kecamatan Baito ini melakukan pemetaan soal klaim lahan antara masyarakat dan perusahaan,” terangnya.

Kata dia, kunjungan kerja ini juga dihadiri ratusan masyarakat Desa Sambahule dan Baito.

“Kita mengecek lokasi yang dipersoalkan masyarakat kepada perusahaan. Dimana obyeknya terindikasi berada di luar HGU,” ujarnya.

Dia menambahkan kesimpulan hasil foto udara pada pemetaan yang dilakukan dewan akan dirapatkan bersama masyarakat dan pihak perusahaan.

“Jadi terkait klaim lahan masyarakat dan HGU perusahaan akan dirapatkan bersama untuk memberikan solusi bagi masyarakat dan perusahaan,” tandasnya. (ram/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.