Kunker ke Sejumlah Sekolah, Kadikbud Sultra Memotivasi Guru dan Siswa

Tingkatkan Inovasi dan Meraih Peluang Beasiswa

39
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD saat melakukan kunjungan kerja di sejumlah sekolah. Di antaranya SMAN 5 Baubau, SMAN 1 Pasarwajo, SMKN 2 Baubau dan ke SMAN 3 Baubau.

KENDARI – Setelah melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah di Sultra wilayah daratan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD, yang didampingi Kasi Kelembagaan Sarana Prasarana SMK/PK-LK Dikbud Sultra, La Ode Arfid Alusi SSos kembali melakukan kunjungan ke sekolah wilayah kepulauan.  Asrun Lio mengunjungi sejumlah sekolah. Diantaranya, SMAN 5 Baubau, SMAN 1 Pasarwajo, SMKN 2 Baubau dan SMAN 3 Baubau.

Dalam kunjungan tersebut, Asrun Lio secara langsung melakukan tatap muka dengan para guru dan siswa. Para guru diberikan motivasi untuk peningkatan penyelenggaran pendidikan di satuan pendidikan masing-masing.

Sementara para siswa diberi semangat untuk berlomba-lomba meraih sumber-sumber beasiswa yang banyak tersedia di Indonesia, termasuk Sultra. Salah satunya, beasiswa Sampoerna.

Tentunya kata Asrun, demi mendapatkan beasiswa, para siswa harus dilandasi motivasi belajar yang tinggi serta kemauan kuat untuk maju

Terkait program beasiswa, Asru Lio berharap agar siswa yang berada di sekolah pelosok maupun terpencil tidak merasa minder bersaing dengan siswa dalam kota, sebab dia memastikan bahwa para penerima beasiswa merupakan siswa pilihan yang dibuktikan melalui hasil belajar tanpa ada rekayasa.

Asrun Lio bilang, kunjungan kerja yang dilakukan tidak lain untuk melihat kondisi pembelajaran yang ada di satuan sekolah, memberikan informasi-informasi penting kepada pihak sekolah baik guru maupun siswa, terutama beasiswa.

“Guru merupakan pekerja profesi, sehingga bisa mengambil tindakan yang dinilai tepat dalam melaksanakan tugasnya. Misalnya seperti dokter, saat menghadapi pasien tidak perlu minta petunjuk lagi harus melakukan apa. Demikian dengan guru. Sehingga diharapkan para guru bisa meningkatkan kreativitas dalam menyajikan pembelajaran menarik bagi para siswa, seperti mencari format khusus agar bisa menarik minat siswa masuk dan belajar di sekolah serta menyelesaikan tugas diberikan. Dalam meraih standar keberhasilan belajar, pihak sekolah juga bisa berinovasi dan berkreasi untuk mengelola sejumlah standar, seperti standar isi, proses, hingga penilaian,” ucap Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO.

Lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra ini menambahkan, selain guru, pihak penyelenggara sekolah juga bisa berinovasi dalam memajukan satuan pendidikannya, misalnya dengan melibatkan pihak komite, yang tentunya mengedepankan komunikasi dan keterbukaan guna menghindari adanya anggapan miring, seperti adanya pungutan dan sejenisnya.

Dalam kunjungan kerja ke sejumlah sekolah tersebut, Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini didampingi juga oleh Kepala KCD Dikbud Sultra Wilayah Kabupaten Buton dan Kepala KCD Dikbud Sultra Wilayah Baubau-Buton Selatan, serta mendapatkan sambutan hangat dari warga sekolah, juga menjadi momen penting bagi pihak sekolah dalam menyampaikan kegiatan-kegiatan penting telah dilakukan, termasuk kendala yang dihadapi. (rls)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.