Pemprov Sultra Apresiasi Kesuksesan Pilkades Serentak Busel

58

 

Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMD Provinsi Sultra Syaifullah saat menyerahkan cinderamata kepada Pemkab Busel yang diwakili oleh Kapala Bidang peningkatan kapasitas pemdes dan kelurahan BPMDes Kabupaten Busel Laode Maruf, Rabu (3/12). (FOTO : LM. Suharlin/Rakyat Sultra).

 

BATAUGA- Pemilihan kepala desa serentak pada desa di Buton Selatan akhir pekan lalu mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sultra. Pilkades yang diikuti oleh 14 desa se-Kabupaten Busel itu berlangsung dengan tertib, aman dan terkendali.

Apresiasi itu disampaikan langsung oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Provinsi Sultra yang berkunjung langsung di Busel, Rabu (1/12/2021). Apalagi Pilkades serentak Busel 2021 mendapat partisipatif kesadaran masyarakat dalam memilih mencapai 95 persen.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMD Provinsi Sultra, Syaifullah menuturkan  Pilkades serentak Busel 2021 merupakan contoh yang baik yang harus diikuti oleh kabupaten lain di Sultra yang akan menghelat pilkades serentak nantinya. Pasalnya, pilkades serentak Busel 2021 menggambarkan kedewasaan masyarakat desa dalam berdemokrasi yang baik dan benar.

“Ini wujud nyata yang harus dicontoh oleh daerah-daerah lain di Sultra. Dengan hadirnya kedewasaan dalam berdemokrasi maka akan berbanding lurus dengan meningkatnya pastisipasi pemilih dan tingkat keamanan dalam pesta demokrasi itu,” tuturnya.

Kata dia, selain kedewasaan dalam berdemokrasi, pilkades serentak 2021 tidak akan berjalan sukses tatkala panitia tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa tidak bekerja keras dalam memberikan penguatan, pemahaman hingga menggelar sosialisasi atas tindak lanjut dari peraturan bupatinya. Sehingga, atas kerja keras semua pihak itu dapat menuai hasil yang maksimal.

“Tata kelola di tingkat kabupaten hingga tingkat desa tersosialisasi dengan baik. Dan harus dipahami, kerja keras tentu tidak akan mengingkari hasil. Dan Busel telah membuktikan itu yang tentunya akan menjadi rujukan daerah-daerah lain untuk belajar dalam urusan penyelenggaraan pilkadesnya,” tambahnya

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Busel, Tahir melalui Kapala Bidang peningkatan kapasitas pemdes dan kelurahan, Laode Ma’ruf S.Sos menjelaskan pemilihan kepala desa di 14 desa se-Kabupaten Busel merupakan tindak lanjut atas peraturan Bupati Buton Selatan nomor 23 tahun 2021.

Di mana, kepala desa dimasing-masing desa tersebut telah memasuki akhir masa jabatannya bahkan ada sejumlah desa yang hanya dijabat oleh pelaksana kepala desa yang diambil dari pemerintah kecamatan.

“Alhamdulillah pelaksanaan pilkades serentak di 14 desa se-Kabupaten Busel 2021 ini berjalan aman, tentram, damai dan terkendali. Semua ini berkat kerja sama seluruh pihak baik panitia dilapangan, TNI/Polri bahkan seluruh masyarakat yang sangat antusias dengan adanya pesta demokrasi di desanya ini,” ujarnya

Pihaknya sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemprov Sultra atas gelaran 6 tahunan di 14 desa se-Kabupaten Busel itu.

Namun demikian, apresiasi tersebut akan dijadikan pihaknya sebagai penyemangat untuk dapat berbuat lebih baik lagi dihajatan Pilkades serentak berikutnya.

“Kami di Busel patut berbangga atas apresiasi yang diberikan oleh Pemprov Sultra ini. Namun demikian, apresiasi ini tidak akan membuat kami terlena untuk bekerja lebih giat lagi di pilkades selanjutnya,” tutupnya. (m2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.