Telkom Luncurkan Digital Island 100 Persen Fiber di Butur

48

 

 

Bupati Butur, Ridwan Zakariah bersama General Manager Telkom Perwakilan Sultra, Feronika Sampe. Foto: IST.

 

BURANGA – PT Telkom Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur), resmi meluncurkan digital island 100 persen fiber di daerah itu. Giat yang dihelat Sabtu (27/11/2021) berlangsung di Aula Bappeda daerah setempat.

Peluncuran tersebut dilakukan atas dasar Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Butur dan PT Telkom wilayah Sultra yang ditandatangani sejak tanggal 15 Maret 2021.

Bupati Butur Muhammad Ridwan Zakariah dalam sambutannya menuturkan Pemkab Butur akan terus bekerja sama dengan pihak Telkom sampai seluruh wilayah bisa terkoneksi dengan fiber optik ini. Sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Kami sadar sepenuhnya bahwa bagi kami ini adalah kebutuhan yang sangat vital apalagi di era digitalisasi seperti ini masyarakat dituntut secara alamiah untuk seluruh lapisan masuk menjadi pengguna internet,” ungkap Ridwan Zakariah.

Ridwan mengakui hampir semua kegiatan sehari-sehari semua sudah dilakukan secara online. Belum lagi dalam manajemen pengelolaan sistem pemerintahan semua sudah berbasis online dan aplikasi seperti e-planning,e-bugdeting, SIMDA, SIPD dan lain sebagainya.

“Telkom 100 persen fiber kini sudah hadir untuk menjawab kebutuhan itu, baik masyarakat maupun pemerintah daerah,” tegasnya.

Ridwan juga menyadari, bahwa di era saat ini digitalisasi dinilai sangat dibutuhkan masyarakat, baik itu di semua lini manajemen yang ada di pemerintahan maupun di pelayanan publik sehingga lebih efektif dan efisien.

“Kita berharap, tingkat layanan internet di wilayah Buton Utara semakin baik dan secara langsung akan bermuara pada kualitas pelayanan birokrasi, kemajuan ekonomi, budaya dan sosial kemasyarakatan,” harapnya.

Sementara itu, General Manager Telkom Perwakilan Sultra, Feronika Sampe dalam sambutannya menyampaikan bahwa jangkauan layanan untuk kebutuhan digitalisasi di Butur oleh Telkom dilakukan secara bertahap.

“Sebagai langkah awal saat ini baru menjangkau beberapa desa dan kelurahan di area Kecamatan Kulisusu, mulai dari Desa Loji hingga Linsowu.

Menurut Feronika, di wilayah Sulawesi Tenggara yang baru diklaim sebagai digital Island baru di Kabupaten Buton Utara. Sehingga kata dia ini mungkin sebuah momentum sejarah bagi Telkom dan juga bagi Kabupaten Buton Utara.

“Jadi walaupun agak sedikit terlambat masuk dibandingkan kabupaten yang lain, tetapi ada kelebihan karena di sini satu-satunya yang bisa kami klaim sebagai kabupaten yang sudah digital Island,” imbuhnya. (r3/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.