Bupati Konsel Ancam Tak Cairkan DD dan Dana BOS Jika Vaksin Tak Capai Target

18

 

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga memimpin rapat bersama guna menggenjot capaian vaksinasi akhir Januari 2022.

 

 

ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) terus berupaya memperkecil resiko penularan virus Covid-19 dengan membentuk herd immunity atau kekebalan komunal.

Dalam rapat pemantapan pencapaian target vaksinasi di Auditorium lantai III Kantor Bupati Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM bahkan menegaskan Desa dan Sekolah (SD/SMP) di Konsel akan ditahan Dana Desa (DD) dan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) nya.

“Supaya menjadi perhatian, para camat yang hadir dalam rapat supaya disampaikan kepada Kepala desanya yang rendah persentase vaksinasinya saya akan tahan DD nya. Begitu juga dengan Sekolah. Catatan itu untuk menjadi perhatian, ” tegas Bupati Surunuddin.

Pemda Konsel memang terus menggenjot percepatan vaksinasi hingga 60 persen untuk dosis kedua yang saat ini masih diangka 36.49 persen dengan Tenggara waktu hingga akhir Januari 2022.

“Kita dorong percepatan dosis kedua dan lansia hingga diatas 60 persen. Selanjutnya mulai sasar usia anak 6 – 11 tahun. Kita sinergikan lagi dengan pihak terkait lainnya, seperti Kemenag dan Unsur Forkopimda, sebutnya dihadapan peserta rapat terdiri Forkopimda Konsel, pimpinan OPD, Satgas Covid-19, Camat dan Kepala Puskesmas se-Konsel, Kamis (13/1/2022).

Selain itu upaya herd immunity juga dilakukan dengan menyasar vaksinasi anak sekolah usia 6 sampai 11 Tahun. Yang direncanakan dimulai pada awal Februari mendatang. Berbeda dengan sistem vaksinasi massal usia remaja, dewasa dan lansia. Untuk usia anak direncanakan dilaksanakan di sekolah baik SD, SATAP, SMP/MTS maupun Pondok Pesantren.

Bupati kembali meminta seluruh pihak bahu membahu dan bertanggung jawab mensukseskan vaksinasi lanjutan dimaksud, dengan target dua pekan ke depan tuntas.

“Kembali solidkan tim kita, khususnya para Camat untuk membangun komunikasi dengan baik agar dalam menjalankan tugas lebih maksimum. Data penduduk perdesa yang belum tervaksin, agar sasaran ketahuan saat turun lapangan,” imbuhnya

Sementara itu Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo menyatakan komitmennya untuk menciptakan sinergitas dengan Pemda sebab permasalahan penanggulangan wabah Covid-19 melalui vaksinasi jadi perhatian serius Presiden Jokowi dan Kapolri”Kami dari pihak kepolisian siap backup dengan mendata dan memobilisasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan penuhi target sasaran,”tukasnya.

Acara tersebut turut dihadiri, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo SIK, Ketua TP PKK Hj Nurlin Surunuddin SH, Wakil PKK Suharni S.Pi M.Pi, Kepala Kemenag Drs H Joko M.Pd dan Perwira Penghubung Letda (Inf) La Ode Suhardin. (ram/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.