Ispektorat Bombana Tegaskan Kades Petahana Bermasalah Tak Bisa Calonkan Diri

79

 

Kalvarios.

 

RUMBIA- Inspektorat Kabupaten Bombana tidak mengeluarkan rekomendasi bebas temuan kepala desa yang menjabat untuk mencalonkan diri kembali di kursi kepala desa (Kades).

Kepala Inspektorat Bombana, Kalvarios menyebut dari 300 orang yang mengurus bebas temuan untuk calon kades, ada sekitar puluhan orang yang tidak diberikan bebas temuan.

“Mereka rata-rata kepala desa petahana, di mana dimasa jabatanya sebelumnya banyak hal yang mereka langgar, seperti administrasi, pekerjaan fisik, dan pajak,” kata Kalvarios.

Mantan Plt Kadis Kominfo ini menuturkan, rekomendasi bebas temuan ini merupakan syarat dokumen utama bagi masyarakat yang berniat untuk bertarung di pemilihan kepala desa.

“Bebas temuan ini kami berikan dan nantinya disetor dipanitia penyelenggara Pilkades, selanjutnya akan dilengkapi dengan kokumen-dokumen lainya, ” ujarnya.

Dia berharap, dalam Pilkades serentak nanti bisa berjalan lancar dan damai sehingga melahirkan Kades yang berintelektual dalam membangun desanya.

Untuk diketahui pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Bombana direncanakan pada Februari 2022 mendatang. (din/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.