Realisasi PAD Rusunawa dan TPU Punggolaka Lampaui Target

8
Rumah Susun Bungkutoko.

 

KENDARI – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari mampu merealisasikan setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rusunawa dan TPU Punggolaka melampaui target.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Cornelius Padang mengatakan, capaian tersebut tidak terlepas dari kerja tim yang diperlihatkan jajarannya di tahun 2021.

“Target kita PAD Rp 850 juta, yang kita capai Rp 1.174.000.000. Tahun ini kita di target 200 persen lebih. Jadi Rp 3 miliar. Kita masih optimsi dengan menggali potensi-potensi yang ada bisa kita maksimalkan karena memang kita lagi perbaikan kondisi rusun,” ucap Cornelius, baru-baru ini.

Diketahui, saat ini Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari mengelola tiga rusunawa, satu rumah khusus dan TPU Ponggolaka.

“(Rusun) Tobuha empat lantai, 94 kamar. Kemudian di Rusun Nelayan Puday, ada 196 kamar kita coba juga maksimalkan dan Rusun Bungkutoko ada 114 kamar. Sebenarnya kita mau maksimalkan juga tahun ini, selain Tobuha adalah di Bungkutoko. Jujur memamg tingkat hunian disana cuma ada 10 persen, ya mungkin karena lokasi jauh, susah transportasi. belum teraspal juga sehingga debunya masih sangat menganggu,” sebut Cornelius.

Mantan Sekretaris Bappeda Kota Kendari ini menargetkan, tingkat hunian Rusun Bungkutoko tembus 50 persen di tahun ini.

“Saya targetkan ke kepala rusun minimal 50 persen tingkat hunian terisi. Kita juga punya rusus (rumah khusus) di Purirano ada 225 rumah tipe 36. Kemarin sudah kita penyerahan dari kementerian (PUPR) kita lagi menata, kemudian merumuskan mekanisme pengelolaanya. Insyaallah tahun ini sudah bisa kita kelola. Mudah-mudahan menjadi lebih baik. Kalau pemakaman cuman satu Punggolaka,” pungkas Cornelius. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.