Wali Kota Baubau Dimakamkan Usai Salat Jumat

37
AS Thamrin

 

BAUBAU- Wali Kota Baubau, DR H AS Tamrin MH meninggal dunia di usia 69 tahun, Kamis (13/1/2022) petang di Jakarta. Kepulangan orang nomor satu di Bumi Wolio itu menyisahkan duka mendalam bagi masyarakat Kota Baubau, terutama keluarga.

Betapa tidak, dalam menahkodai Kota Baubau sejak 2013, AS Tamrin telah menorehkan banyak sejarah baru yang membawa kota pemilik benteng terluas di dunia itu dapat dikenal dikancah nasional bahkan dunia.

Ditambah, kepemimpinan pria kelahiran 20 November 1952 itu terbilang merakyat yang dapat mengubah wajah Kota Baubau menjadi kota yang maju, sejahtera, berbudaya serta populer.

Anggota DPRD Kota Baubau, Asad Ady Karim yang merupakan keponakan Wali Kota Baubau, AS Tamrin membenarkan kabar duka yang menyelimuti kota pemilik benteng terluas di dunia itu.

“Iya benar kabar duka itu. Teapi kami dari pihak keluarga tengah berembuk untuk kepulangan almarhum di Baubau dari Jakarta,” tuturnya, Kamis (13/1/2022) sebelum rapat dengan Pemkot Baubau.

Kata dia, almarhum yang meninggalkan 5 orang anak itu menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Omni Pulomas Jakarta sekira pukul 17.30 Wita.

Berita terkait

“Untuk rencana pemakaman beliau kami juga dari pihak keluarga masih sementara berembuk. Kami belum bisa menentukan almarhum akan disemayamkan dimana nantinya,” tambahnya

Sementara itu, dalam akun media sosial miliknya, Wakil Wali Kota Baubau, Laode Ahmad Monianse mengimbau seluruh warga Kota Baubau untuk bersama-sama mendoakan almarhum DR H AS Tamrin MH. Apalagi, AS Tamrin merupakan sosok yang baik dan berjasa untuk Kota Baubau saat ini.

“Beliau merupakan sosok yang baik dan kini telah mendahului kita. Atas nama pribadi dan keluarga kami mengucapkan bela sungkawa yang mendalam. Baubau berduka,” singkatnya

Dari amatan wartawan Harian Rakyat Sultra, nampak terlihat sejumlah keluarga dan kerabat Almarhum DR H AS Tamrin MH berkumpul di kediaman orang tua almarhum di Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum Kota Baubau. Selain itu pula, suasana rumah jabatan Wali Kota Baubau nampak terlihat sejumlah pejabat lingkup Pemkot Baubau tengah memanjatkan doa bersama.

Sementara itu, merujuk hasil rapat antara Pemkot Baubau dan pihak keluarga almarhum AS Thamrin disimpulkan ada 10 keputusan rapat selama prosesi pemakaman almarhum yakni:

1. Inspektur upacara adalah Gubernur Sultra, Ali Mazi, sementara komandan upacara prosesi pemakaman adalah Arief Basari.
2. Penyambutan jenazah dari pesawat oleh petugas bandara Betoambari Baubau.
3. Rute perjalanan penjemputan jenazah yakni dari bandara, lipu, jalan Betoambari, belok kanan depan Universitas Muhammadiyah Buton, lewat jembel, dan kilo 1 rujab wali kota.
4 Penerimaan di rujab oleh satpol PP dan diserahkan ke keluarga.
5 Pakaian eselon ll PSR, Camat lurah pakaian PDUB, Eseon lll, lV, n staf pakaian korpri.
6. Bendera merah putih naik setengah tiang untuk semua kantor dinas Pemkot se-wilayah Kota Baubau.
7. Jenazah almarhum tiba jam 09.15 Wita di Bandara Betoambari.
8. Pemakaman akan dilaksanakan setelah salat Jumat.
9. Kepada seluruh ASN Pemkot Baubau untuk hadir melayat dan mengantar jenazah.
10. Hasil rapat disepakati semua semua sekolah berpakian pramuka lengkap dan semua sekolah yang dilewati route jalan Dayanu Ikhsanudin jalan Betombari jalan Bulawambona jalan Budiutomo dan jalan Sultan Hasanuddin menuju rujab. (m2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.